Masalah Rambut Rontok Pada Wanita dan Solusinya

Posted on

Advertisement :

Rambut adalah mahkota bagi seorang wanita. Rambut yang hitam, sehat serta tebal adalah dambaan bagi seluruh wanita di dunia ini. Untuk itulah, banyak wanita yang memberikan perhatian ekstra untuk merawat rambutnya. Ada yang menjadualkan khusus untuk melakukan perawatan di salon seperti creambath, masker rambut atau hair spa. Ada juga yang cukup melakukan perawatan tersebut dirumah seperti creambath ataupun sekedar memberikan minyak rambut urang aring. Namun bagaimana jika masalah rambut rontok tetap ada padahal sudah melakukan perawatan setiap harinya?

rambut rontok

Penyebab Rambut Rontok

Mempunyai rambut panjang ternyata harus membutuhkan perawatan ekstra, sebab kerontokan sering terjadi pada wanita yang memiliki rambut panjang tersebut. Mengapa ini dapat terjadi? Hal ini disebabkan karena akar rambut yang menjadi rapuh. Anda bisa menuangkan tonic rambut ke akar – akar rambut Anda setelah habis keramas, kemudian pijat secara lembut. Tonic berfungsi untuk menguatkan akar rambut.

Selain penyebab rambut yang rontok karena akar rambut yang rapuh, ternyata ada sebab lain mengapa rambut menjadi rontok. Sebab – sebab rambut menjadi rontok lainnya yaitu karena hormon, stress, radiasi, kondisi setelah melahirkan ataupun karena pemakaian obat-obat yang memiliki dosis yang keras. Itulah mengapa orang – orang yang sedang dalam masa kemoterapi mengalami kerontokan rambut dengan cepat, karena rambut mereka mengalami radiasi serta diharuskan untuk meminum obat-obatan yang memiliki dosis yang tinggi.

Baca juga : Cara Cepat Memanjangkan Rambut Secara Alami

Disamping itu, faktor penyakit dalam yang sudah kronis, alergi, penyakit jamur kulit serta emosional pun dapat menjadi penyebab utama kerontokan rambut pada seseorang.

Advertisement :

Jika kondisi rambut yang rontok berlangsung terus menerus, sebaiknya Anda pergi ke dokter spesialis, seperti dokter kulit dan kelamin terdekat untuk mengkonsultasikannya. Perlu digarisbawahi, seseorang dapat dikategorikan mengalami masalah rambut yang rontok jika jumlah rambut yang lepas dari akarnya tersebut mencapai 100 helai setiap harinya.

Mengatasi Penyebab Kerontokan pada Rambut Wanita

Vitamin A sangat baik untuk kesehatan, terutama untuk kesehatan mata kita. Namun, tahukah Anda jika mengkonsumsi vitamin A secara berlebihan dapat menjadi penyebab pada kerontokan? Untuk itu, disarankan agar mengkonsumsi vitamin A secukupnya saja. Selanjutnya, hindari untuk melakukan bleach pada rambut lalu penggunaan minyak rambut yang salah yaitu pada kulit kepala dan menggunakan konditioner yang mengandung protein. Dan, hal yang perlu ditekankan yaitu kebiasaan untuk tidak melepas bando atau ikat rambut itu merupakan penyebab mengapa rambut yang rontok masih saja terjadi pada rambut Anda. Untuk itulah, usahakan untuk melepas segala aksesoris yang melekat pada rambut Anda untuk mencegah terjadinya kerontokan.

Berbagai Perawatan yang Tepat Untuk Rambut Rontok pada Wanita

Adapun yang dapat dilakukan sebagai perawatan rambut yang sedang rontok yaitu :

  1. Sisirlah rambut ketika sudah kering, hindari untuk menyisir rambut ketika basah.
  2. Sebisa mungkin untuk mengeringkan rambut secara alami.
  3. Jika harus menggunakan hair dryer, maka gunakan dalam temperatur yang rendah.
  4. Atur jarak hair dryer tersebut, sekitar 10-15 cm.
  5. Pilihlah sisir memiliki gerigi panjang.
  6. Usahakan untuk tidak mengikat rambut dengan kencang.
  7. Ternyata dengan mengubah garis belahan dan gaya rambut dapat mengatasi kerontokan.
  8. Seringlah mungkin untuk menguraikan rambut daripada mengikatnya.
  9. Sisirlah rambut secukupnya.
  10. Lindungi rambut Anda dari paparan sinar matahahari.
  11. Luangkan waktu Anda untuk melakukan berbagai perawatan rambut, baik di salon maupun di rumah.

Rambut yang rontok yang telat mendapatkan penanganan dapat mengakibatkan kebotakan pada bagian – bagian tertentu. Untuk itulah, rawat rambut Anda sedini mungkin agar terhindar dari kerontokan.

Advertisement :

Sponsored Link:

loading...