Masalah Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Posted on

Advertisement :

Ada sebuah mitos yang mengatakan kalau seorang wanita akan sehat kembali maksimal dalam waktu enam minggu setelah ia melahirkan seorang bayi. Padahal, sebenarnya perubahan fisik dan hormonal terus terjadi hingga beberapa bulan seterusnya. Salah satu perubahan yang terjadi ialah rambut rontok setelah melahirkan yang dapat terjadi dalam kurun waktu hingga 6 bulan sesudah melahirkan.

Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Setelah semua kejutan yang terjadi ketika masa kehamilan, lalu melahirkan, dan masa awal kelahiran bayi, para ibu pasti berharap mereka sudah melewati klimaksnya. Sebagigian wanita yang baru melahirkan akan sangat terkejut dengan tumpukan rambut tontok yang mereka temukan, baik itu di tangan, ataupun saat mengguyurkan air ketika sedang mandi, serta ketika menyisir rambut.

Perubahan hormonal ketika masa kehamilan dapat membuat rambut terlihat lebih cantik. Rambut akan menjadi lebih halus, lebih berkilau, dan juga lebih tebal, serta ujung rambut yang tidak bercabang. Rambut juga tidak akan mengalami kerontokan, bahkan warna rambut dapat berubah, rambut yang bergelombang menjadi halus, ataupun rambut yang lurus menjadi bergelombang. Wanita umumnya kehilangan rambut hingga 100 helai setiap hari. Semua rambut itu tidak akan rontok selama waktu kehamilan. Biasanya, antara waktu 3 hingga 6 bulan sesudah anda melahirkan barulah akan menemukan rambut yang rontok semakin banyak. Bahkan, kerontokan rambut bisa mencapai segenggaman tangan.

Advertisement :

Apa yang Menjadi Penyebab Rambut Rontok Setelah Melahirkan ?

Sikus pertumbuhan normal rambut dibedakan ke dalam 2 fase, yaitu fase pertumbuhan dan juga fase istirahat. Siklus fase pertumbuhan rambut berlangsung hingga 3 tahun lamanya, sedangkan fase istirahat rambut hanya berlangsung lebih kurang 3 bulan saja. Durasi lamanya sebuah fase akan berbeda-beda untuk setiap orang. Selama fase istirahat tersebut, rambut berada di folikel hingga rambut itu didorong oleh rambut baru. Namun, selama masa kehamilan, hormon merangsang pertumbuhan pada rambut dan persentasenya.

Melalui proses kelahiran, akan lebih banyak jumlah rambut di dalam fase istirahat, dan sebagai penggantinya setelah waktu 3 hingga 6 bulan sesudah melahirkan rambut baru akan didorong keluar atau fase pertumbuhan. Rambut pada wanita umumnya mendapatkan siklus pertumbuhan normal setela waktu 6 hingga 12 bulan sesudah melahirkan. Untuk mendapatkan rambut anda tetap sehat dan bernutrisi walaupun banyak yang rambut kita rontok setelah anda melahirkan, berikut sejumlah nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut sebagai referensi anda untuk melakukan perawatan rambut.

Nutrisi Untuk Kesehatan Rambut

  1. Biotin – Biji-bijian, kacang kering, daging
  2. B6 – Niji-bijian, kacang-kacangan, daging
  3. Asam Omega 3 – Kenari, kacang makadamia, biji-bijian, salmon
  4. Tembaga – Sayuran, almon, buah kering, biji-bijian
  5. Zinc – Makanan laut, daging, sayuran, biji-bijian

Jika anda merupakan wanita yang juga mengalami rambut yang rontok pasca melahirkan, jangan khawatir, selalu ingat bahwa ini hanyalah sementara, dan setiap rambut yang rontok akan memiliki rambut baru sebagai penggantinya.

Advertisement :

Sponsored Link:

loading...