Mengatasi Rambut Rontok yang Berlebihan

Posted on

Advertisement :

Pada kesempatan kali ini, penulis akan membahas bagaimana mengatasi rambut rontok yang berlebihan. Sebenarnya, rambut rontok adalah suatu hal yang wajar jika jumlah rambut yang rontok tersebut sekitar 50-100 helai per harinya. Ini karena rambut membutuhkan regenerasi untuk menumbuhkan rambut – rambut yang baru. Tapi, jika jumlah rambut yang rontok tersebut melebihi jumlah 50 – 100 helai, maka dapat dikategorikan sebagai rambut rontok yang tidak normal. Kulit kepala yang tidak normal adalah salah satu ciri dari banyak kelainan dalam bentuk congenital. Penderita akan baru mencari pertolongan jika mengalami masalah kerontokan pada rambut mereka ini, walaupun kerontokan juga terjadi di tempat yang lain. Mendiagnosis bagaimana kerontokan dapat terjadi di kulit kepala dengan cara memeriksa keadaan kulit kepala dan melihat adakah perubahan yang terjadi secara keeluruhan ataukah hanya terbatas adalah satu dari banyak pendekatan yang dapat dilakukan dalam menangani masalah rambut rontok ini.

Mengatasi Rambut Rontok yang Berlebihan

Sebab–sebab rambut rontok yang parah

Sebab kerontokan pada rambut yang tersebar luas di kulit kepala yang normal yaitu :

  • Alopesia totalis
  • Penyakit kelenjar tiroid
  • Penyakit kelenjar tiroid
  • Penyakit Lupus eritematosus sistemik
  • Defisiensi zat besi
  • Telogen efluvoum
  • Obat-obatan

Sebab kerontokan pada rambut yang parah pada keadaan terbatas di kulit kepala yang normal yaitu :

  • Traksi
  • Trikotilomania
  • Alopesia areata

Sebab kerontokan pada rambut di kulit kepala yang abnormal yaitu :

1. Tinea kapitis

Advertisement :

Obat yang dapat mengatasi penyebab dari kerontokan pada rambut yang parah yakni dengan menggunakan obat sitotoksik, agen-agen anti tiroid terutama tiourasil, antikoagulan, analog vitamin A, dan Thallium.

Kerontokan pada rambut ini biasanya pada laki – laki dimulai dari usia berapapun. Biasanya setelah mereka mengalami masa pubertas, namun yang paling sering terjadi yaitu pada usia tiga puluh ke atas. 80 % kerontokan akan terjadi pada laki – laki yang berusia 70 tahun. Pada wanita, biasanya proses kerontokan akan berjalan dengan proses yang lambat dan ringan. Akan tetapi, hal ini dapat menyebabkan stress yang berat. Masalah kerontokan rambut yang sifatnya ringan di daerah vertex di usia 50 tahun hampir dialami oleh wanita. Tidak hanya itu, beberapa orang juga mengalami penipisan yang parah yang menyerupai hirsuitisme.

2. Psoriasis yang berat atau parah dermatitis seborok

Baca juga : Rambut Rontok Pada Wanita

Hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah rambut yang rontok berlebihan salah satunya adalah dengan menggunakan pilihan bahan alami yang sudah banyak direkomendasikan.

Adapun cara mengatasi masalah rambut rontok yang parah secara alami diantaranya :

1. Jus selada dan bayam

Minumlah jus selada dan bayam setiap hari untuk meredakan rambut yang rontok agar tidak lebih parah.

2. Jeruk nipis, daun waru, daun jarak, serta daun randu

Cucilah 30 daun waru segar dan 20 daun randu hingga bersih. Kemudian haluskan hingga lembut, tempatkan di wadah. Lalu, masukkan 3 sendok minyak jarak serta perasan 1 jeruk nipis, aduk rata. Kemudian, saringlah ramuan tersebut dengan menggunakan kain. Selanjutnya, gosokkan perasan air tersebut ke kepala Anda, pijat perlahan. Setelah itu, diamkan semalaman dan bilaslah keesokan harinya. Lakukan 3x dalam seminggu.

3. Lidah buaya

Oleskan gel yang terdapat pada lidah buaya ke kepala Anda, diamkan beberapa menit. Setelah itu, bilaslah rambut Anda hingga bersih.

Itulah tadi pembahasan yang dapat penulis bagikan untuk Anda. Dimulai dari penyebab mengapa rambut dapat rontok secara berlebihan hingga cara mengatasi rambut rontok dengan menggunakan bahan yang alami. Semoga rambut Anda kembali sehat.

Advertisement :

Sponsored Link:

loading...