Pandangan Medis dan Agama Islam Mengenai Potong Rambut Saat Hamil

Posted on

Advertisement :

Potong rambut saat hamil memang terkadang dikait-kaitkan dengan mitos. Padahal memotong rambut saat hamil bisa membuat wanita hamil lebih adem dan nyaman. Dengan banyaknya mitos yang melarang ibu hamil potong rambut, membuat semua wanita hamil menjadi enggan dan ragu ingin memotong rambutnya. Padahal, saat hamil selalu merasa kegerahan dan tidak betah dengan rambut panjang. Untuk itu, banyak orang yang bertanya-tanya apakah benar potong rambut saat hamil itu dilarang?.

potong rambut

Menurut Pandangan Medis

Bagi Anda yang ragu memotong rambut ketika hamil, maka akan kami paparkan sedikit penjelasan mengenai pandangan medis tentang potong rambut saat hamil. Sebenarnya, tidak ada kejelasan berdasarkan medis sendiri dimana ibu hamil dilarang untuk memotong rambutnya. Hal ini tidak bisa dibuktikan secara pasti, karena memang tidak ada penelitian atau survey yang membuktikannya. Menurut medis sendiri, ibu hamil potong rambut itu diperbolehkan terkecuali jika ibu hamil melakukan smoothing, rebonding maupun melakukan cat rambut. Hal ini dikarenakan, jenis-jenis perlakuan rambut tersebut menggunakan bahan-bahan kimia. Dimana, saat hamil sangat rentan sekali terpapar zat kimia berbahaya demi keselamatan janin.

Advertisement :

Paparan di atas juga tidak ada kaitannya dengan larangan memotong rambut saat hamil. Sehingga Anda bisa memangkas rambut Anda saat hamil, tanpa harus mewarnai atau melakukan perawatan rambut dengan bahan-bahan kimia. Apabila zat kimia berbahaya masuk ke dalam kulit kepala atau rambut, selain itu paparan zat kimia bisa mengkontaminasi kulit yang bisa terhubung pada janin yang dikandung bunda. Kontaminasi ini bisa menyebabkan janin cacat lahir atau gangguan lainnya pada janin. Sehingga, larangan ibu hamil potong rambut itu tidak benar adanya.

Menurut Pandangan Islam

Sama halnya dengan pandangan medis, larangan potong rambut saat hamil itu tidak benar adanya. Selain itu, tidak ada dalil yang menyebutkan bahwa ibu hamil dilarang memotong rambutnya. Sementara, sebagai umat Muslim sendiri mempercayai mitos atau tahayul sama saja dengan syirik atau musyrik. Namun, beberapa ulama menyarankan bahwa wanita hamil sebaiknya tidak melakukan berbagai macam perawatan rambut secara berlebihan, seperti halnya pemakaian produk-produk perawatan berbahan kimia.

Nah, dari pemaparan di atas nampaknya Anda semua sudah paham kan bagaimana penjelasan mengenai mitos potong rambut pada saat hamil ? Kini Anda bisa lebih bebas memotong rambut untuk kenyamanan dan mengatasi kegerahan ketika hamil!

Advertisement :

Sponsored Link:

loading...