Penyebab Kerontokan Rambut yang Perlu Anda Ketahui

Posted on

Advertisement :

Rambut rontok adalah bencana bagi semua orang, baik wanita maupun pria. Masalah rambut rontok tidak memandang usia. Banyak akan usia muda yang sudah mengalami rambut rontok. Khususnya perempuan, yang paling sering mengalaminya. Banyak sekali penyebab kerontokan rambut. Pada artikel ini, kita akan mengulas habis sebab rambut bisa rontok, baik dari faktor internal maupun eksternal. Jangan anggap sepele rambut rontok, karena bisa saja rambut yang rontok berlebihan adalah tanda-tanda penyakit bersarang di tubuh Anda.

penyebab kerontokan rambut

Penyebab rambut rontok dibedakan menjadi 2 yaitu faktor eksternal seperti penggunaan sampo dan faktor internal, misal karena penyakit dalam tubuh. Faktor eksternal pertama adalah kebiasaan buruk merawat rambut. Jika Anda jarang melakukan keramas, hal tersebut akan membuat rambut lepek dan kotor sehingga mudah rontok. Kebiasaan menggunakan pengering rambut, catok secara berlebihan. Panas yang terlalu lama dari pengering atau catok akan merusak rambut, mulai dari warna hitam yang memudar serta menyebabkan rambut menjadi kering.

Penggunaan bahan kimia yang terlalu sering, yaitu kebiasaan mewarnai rambut, apalagi hanya menggunakan pewarna murahan. Bagi Anda yang senang beraktivitas di luar ruangan dan sering menghadapi pancaran sinar matahari, rambut rontok dijamin menghampiri Anda. Karena paparan matahari membuat rambut kotor dan kering, kemudian rontok.

Advertisement :

Mengikat rambut memang boleh saja, tapi jangan terlalu kencang mengikatnya dan terlalu lama mengikatnya. Rambut membutuhkan ruang untuk bernafas. Rambut yang terlalu kencang dan lama terikat akan lembab dan mudah rontok. Itu adalah penyebab kerontokan rambut wanita. Demi membuat penampilan menarik, kadang wanita tidak memperhatikan hal-hal kecil yang sebenarnya justru merusak rambut. Anda pasti tidak menyadari kebiasaan menata rambut atau meluruskan rambut dengan catok, akan membuat rambut Anda mudah rusak dan rontok. Sama halnya dengan smoothing dan rebonding, jika Anda tidak melakukan perawatan dengan baik, maka bukan rambut lurus dan indah yang Anda dapatkan, tapi rambut rusak, lama kelamaan rontok.

Sedangkan penyebab kerontokan pada pria lebih disebabkan oleh faktor usia yang sudah lanjut. Ketika memasuki usia 50an, rambut pria akan mudah rontok kemudian mengalami kebotakan. Selain itu, faktor hormone testosteron juga berpengaruh karena hormone ini pula yang menjaga kesuburan rambut pada pria. Faktor lain bisa berasal dari diri si pria, faktor stress bisa menjadi pemicu kebotakan atau mungkin penyakit yang bersarang ketika memasuki usia lanjut. Hal tersebut juga salah satu faktor internal pada wanita.

Faktor internal penyebab kerontokan rambut bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon ketika memasuki usia 30an. Hal ini bisa terjadi pada pria dan wanita. Faktor keturunan atau genetis, juga bisa menjadi pemicu. Jika ada mengalami kerontokan berlebihan, ada baiknya Anda periksa ke dokter sebab hal tersebut bisa menjadi indikasi bahwa Anda sedang mengalami gangguan penyakit, seperti diabetes, kanker otak, dan akibat kemoterapi. Demikian penyebab rambut rontok yang bisa Anda perhatikan dan antisipasi untuk mencegah kerontokan.

Advertisement :

Sponsored Link:

loading...