Potong Rambut Saat Hamil Menurut Islam

Posted on

Advertisement :

Banyak ibu-ibu hamil yang bertanya boleh tidak sih potong rambut saat hamil? Betapa tidak, ini disebabkan banyak orang tua zaman dahulu yang percaya dengan mitos yang disebarkan oleh masyarakat Jawa ini. Mereka percaya bahwa memotong rambut saat hamil merupakan pantangan yang harus ditaati dan tidak boleh dilanggar apabila menginginkan persalinan yang normal.

Potong Rambut Saat Hamil Menurut Islam

Banyaknya mitos yang beredar ini membuat ibu-ibu hamil pun merasa kebingungan untuk mencari solusi apabila rambutnya telah panjang. Padahal rambut panjang pada masa kehamilan akan membuat ibu-ibu itu merasa gerah dan segera ingin memotongnya. Lantas bagaimana solusinya? Inilah bebapa pendapat yang dapat anda jadikan pemahaman untuk masalah yang satu ini.

Pandangan Islam Potong Rambut Saat Hamil

Sebagai umat muslim yang taat tentu kita harus paham bahwa mitos yang berkembang tanpa adanya dalil syar’i maka dikatakan tahayul atau syirik. Ini sependapat dengan apa yang diutarakan oleh Ustadz Washito di website Salamdakwah.com, beliau mengungkapkan bahwa larangan potong rambut saat hamil merupakan tidak benar. Ini disebakan tidak adanya dalil syar’i yang menunjukkan hal demikian, jadi memotong rambut saat hamil dibolehkan.

Advertisement :

Dan beliau juga menambahkan, yang tidak dibolehkan ialah dengan melakukan perawatan rambut yang berlebihan seperti, dengan mencukur rambut hingga botak dan juga menggunakan produk-produk perawatan rambut yang berbahaya. Sebab, kedua hal ini akan berbahaya bagi pertumbuhan janin, salah satunya ialah dengan menggunakan produk perawatan rambut berbahan kimia, ini tentu tdak dianjurkan apabila tanpa adanya pengawasan medis sebab akan mengganggu perkembangan janin.

Untuk ibu-ibu hamil modern memang sudah tidak percaya lagi dengan mitos tersebut. Namun, masih saja ada sebagian dari mereka yang masih mempercayai dan alam sadarnya pun tersugesti untuk menaati pantangan ini. Mereka yakini bahwa hal ini pamali dan apabila dilarang akan mendapatkan musibah di kemudian hari.

Baca juga : Cara Menumbuhkan Rambut Dengan Cepat Secara Alami

Pandangan Medis Potong Rambut Saat Hamil

Apabila anda telah membaca pandangan islam mengenai hal di atas, maka untuk sedikit mempertegas dan menambah keyakinan anda kami akan memberikan paparan mengenai hal medis. Untuk saat ini memang belum dilakukan penelitian terkait masalah yang satu ini yang dihubungkan dengan gangguan kehamilan. Namun, untuk secara umum dunia medis menganggap memotong rambut ketika sedang hami diperbolehkan. Hanya saja yang tidak diperbolehkan ialah melalukan rebounding, smoothing atau mewarnai rambut. Sebab bahan-bahan kimia tersebut yang ada di produk tersebut sangat sensitif terhadap janin yang ada dalam kandungan anda.

bagaiaman dari paparan di atas, mengenai potong rambut saat hamil? Dari pandagan Islam tentu ini diperbolehkan dan juga dari dunia medis ini juga diperbolehkan asal jangan menggunakan produk-produk yang mengandung bahan kimia. Anda sebagai masyarakat yang modern dan pandai berpikir logis harusnya jangan mudah percaya untuk mitos-mitos seperti itu dan juga jangan mudah tersugesti oleh anggapan-anggapan yang tidak ilmiah.

Advertisement :

Sponsored Link:

loading...