Yuk Kita Cari Tahu Apa Penyebab Rambut Rontok Berlebihan

Posted on

Advertisement :

Rambut rontok dan rusak adalah masalah serius yang sangat mengganggu sekali. Apa penyebab rambut rontok ini sangatlah variatif bergantung pada kondisi masing-masing. Seandainya kita tanyakan pada setiap orang, khususnya wanita yang kita temui “apakah anda pernah mengalami masalah rambut rontok?” pastilah sebagian besar dari mereka akan menjawab “pernah” baik yang sudah berumur, remaja maupun anak-anak. Hal inilah yang kemudian sering dijadikan dasar untuk menjelaskan bahwa masalah rambut rontok ini hampir dialami oleh setiap orang. Yang membedakan adalah jumlahnya, kerontokan masih dianggap normal apabila jumlahnya masih sedikit dan hanya terjadi saat kita menyisir rambut saja.

apa penyebab rambut rontok

Rambut rontok yang sudah parah akan berujung pada rambut yang tips yang menyebabkan perubahan pada penampilan dan akan berujung pada kebotakan, jika ini sudah terjadi maka kondisi umum yang akan dialami adalah kita akan merasa kurang nyaman, tidak percaya diri, sedikit minder dan kebingungan. Apalagi jika yang mengalami hal ini adalah kita, kaum wanita. Untuk itu, sebelum semuanya itu kita alami, ada baiknya kita coba sama-sama mencari tahu apa saja yang sebetulnya menjadi penyebab kerontokan rambut ini.

Apa penyebab rambut rontok parah berlebihan pada wanita

1. Ganguan pada pertumbuhan

Beberapa pakar menyebutkan bahwa untuk kondisi normal, pertumbuhan rambut setiap bulannya adalah berkisar 1 inch. Akan tetapi kondisi ini bisa berbeda-beda untuk setiap orang, dan yang mempengaruhi salah satunya adalah hormon. Nah, berawal dari sini kita kan mengetahui penyebab rambut rontok parah yang pertama yaitu ganguan yang dipicu oleh hormon androgen. Rambut akan mengalami kerontokan dalam jumlah yang cukup banyak dikarenakan adanya proses dari pertumbuhan rambut kita yang tidak biasa (normal).

2. Kondisi hamil dan setelah persalinan

Tentu kita sering mendengar seseorang mengeluhkan bahwa rambutnya rontok parah saat pada masa kehamilan dan setelah persalinan. Ini adalah salah satu masalah yang banyak sekali dialami oleh kaum wanita. Bahkan ada juga yang sampai lebih cari 3 bulan setelah persalihan masih tetap mengalami kerontokan rambut yang cukup serius. Untuk masalah rambut rontok yang disebabkan oleh masa kehamilan ini tidak termasuk dalam penyebab rambut rontok pada wanita yang perlu terlalu dikuatirkan, hal ini wajar terjadi dan bersifat alami. Bersabarlah saja, biasanya setelah 2 atau 3 bulan masalah ini akan berkurang dengan sendirinya. Tetapi jika di bulan ke 4 masih cukup banyak

3. Gangguan pada hormon

Sebelumnya kami telah menyampaikan bahwa adanya gangguan hormon androgen bisa menjadi penyebab kerontokan rambut serius yang cukup parah. Selain dari adanya gangguan hormon androgen ini, potensi masalah akibat gangguan hormon estrogen dikatakan juga bisa menjadi penyebab kerontokan rambut yang parah. Kenapa demikian, banyak sumber menjelaskan bahwa kondisi ini terjadi manakala tiroid bekerja sangat aktif atau sebaliknya justru tidak-aktif sama sekali. Kondisi sangat aktif dan tidak aktif inilah yang kemudian menjadi penyebab dari kerontokan rambut serius yang cukup parah.

Advertisement :

4. Penggunaan obat

Penggunaan obat-obatan tertentu juga sangat berpotensi menjadi penyebab kerontokan rambut yang cukup serius atau parah. Tentu tidak semua obat-obatan bisa menyebabkan demikian, hanya beberapa jenis obat tertentu saja yang bisa jadi menyebabkan kerontokan rambut ini. Biasanya, setelah kita berhenti mengkonsumsi obat-obatan ini nantinya masalah kerontokan rambut ini akan berhenti dengan sendirinya. Mungkin saat ini teman-teman bertanya-tanya, apa sih obat yang bisa bikin rambut rontok ini? Dari beberapa sumber yang kami peroleh dikatakan bahwa jenis obat untuk kemoterapi, kontrasepsi, kemudian pengencer darah, obat untuk asam urat, anti-depresan dan yang terlalu tinggi kandungan vitamin A-nya bisa menyebabkan kerontakan rambut.

5. Ganguan pada kulit kepala

Rambut rontok dapat juga disebabkan oleh adanya ganguan pada kulit kepala, salah satunya adalah infeksi. Perlu segera mencari anti jamur jika saat ini teman-teman mengalami hal ini. Kerontokan rambut akan berhenti dengan sendirinya ketika anti jamur ini dipakai dan kulit kepala terbebas dari infeksi.

6. Penyakit tertentu

Penyakit kronis adalah salah satu penyebab rambut rontok berlebihan. Penyakit apa sajakah itu? Sejauh ini yang banyak ditemui adalah kanker, diabetes dan lupus. Ketiga penyakit ini diketahui membuat rambut rontok parah dalam jumlah yang banyak.

7. Masalah vitamin

Diet ketat dan kerontokan rambut sepintas seperti 2 hal yang tidak salig berhubungan ya? Tetapi jangan salah! Diet ketat yang tidak sesuai dengan ketentuan atau tidak ada pendampingan bisa menyebabkan kita mengalami kondisi gizi yang kurang dan tidak terpenuhinya kebutuhan akan vitamin. Dan hal ini sangat tidak baik untuk tubuh kita dan berpotensi menyebabkan ganguan pada rambut. Kurangnya asupan vitamin yang dibutuhkan rambut akan membuat rambut tidak sehat dan mudah rontok. Untuk itu ada baiknya perhatikan baik-baik diet kita.

8. Kondisi psikis seseorang

Tingginya aktivitas dan bebean pekerjaan sering menimbulkan adanya ganguan emosional atau lebi populer dengan istilah stress. Dan kabar buruknya adalah, stress termasuk dalam satu penyebab kerontokan rambut yang paling banyak dialami. Bahkan beberapa sumber mengatakan bahwa kondisi tertekan yang berujung pada stress ini menjadi penyebab kerontokan rambut yang cukup parah dan perlu segera ditangani.

Oke teman-teman, itu tadi beberapa informasi tentang penyebab kerontokan rambut yang cukup parah yang perlu kita ketahui. Rambut rontok pasti akan dialami oleh siapa saja baik pria maupun wanita. Dan ini masih dianggap wajar dan belum perlu penanganan khusus jika jumlahnya masih sedikit. Tetapi jika sudah cukup serius, maka kita perlu segera mencari tahu penyebabnya agar masalah ini tidak menjadi lebih serius dan berakibat kebotakan. Semoga artikel kami tentang apa penyebab rambut rontok ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semua.

Advertisement :

Sponsored Link:

loading...